Pages

Minggu, 10 Maret 2013

Analisis Jurnal Agensi



Judul   Jurnal   :

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA PEGAWAI DINAS LUAR ASURANSI JIWA BERSAMA BUMIPUTERA 1912 CABANG SETIABUDI MEDAN

Penulis             : Yulinda dan Sri Wulan Harlyanti

Sumber Jurnal : 

         

           Jurnal kali ini membahas tentang pegawai dinas luar atau biasa disebut agen asuransi pada perusahaan asuransi jiwa bersama Bumiputera 1912 cabang Setiabudi Medan. Penulis membahas agen asuransi tersebut dikarenakan ingin mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan kerja para agen asuransi tersebut.
           
                Bagi sebuah perusahaan asuransi, besarnya asset dan perolehan premi merupakan indikator utama (predikat rating) yang menggambarkan apakah perusahaan asuransi tersingkir atau bertahan di pasar. Berdasarkan hal tersebut, keberhasilan perusahaan asuransi untuk berkiprah ditengah tekanan dan persaingan yang cukup tajam untuk meraih premi dari pemegang polis tidak terlepas dari para agen asuransi. Untuk itulah agen asuransi harus mendapat perhatian yang serius dari perusahaan untuk memperhatikan tingkat kepuasan kerja agen, karena agen merupakan ujung tombak kinerja perusahaan.

            Hal tersebut tidak berbeda pada perusahaan asuransi jiwa bersama Bumiputera 1912 cabang Setiabudi Medan. Perusahaan tersebut juga ingin mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan kerja agen asuransi yang mereka miliki. Hal tersebut tidak terlepas dari data aktivitas penagihan premi yang menunjukkan bahwa tidak setiap tahun para agen asuransinya memenuhi target yang dicanangkan perusahaan. Padahal Agen memiliki kinerja yang berkaitan dengan tingkat kemampuan untuk mencapai target yang ditetapkan perusahaan. Hal ini menyimpulkan bahwa belum ada kepuasan kerja para agen asuransi di perusahaan asuransi jiwa Bumiputera 1912 cabang Setiabudi Medan.
           
                Untuk mengetahui faktor –faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja, penulis mengutip penjelasan menurut F. Herzbergdalam Luthans (2006:283) yaitu Two faktor theory (teori dua faktor). Teori ini menyatakan bahwa puas atau tidaknya karyawan bekerja dipengaruhi oleh faktor motivator (satisfier) dan faktor hygiene (dissatisfier).

          Berdasarkan hal tersebut akhirnya penulis mencoba merumuskan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja menurut 2 teori tersebut dalam ruang lingkup agen asuransi perusahaan asuransi jiwa Bumiputera 1912 cabang Setiabudi Medan. Penulis juga mencoba mencari tahu manakah diantara 2 teori tersebut yang paling dominan terjadi dan manakah faktor terbesar yang mempengaruhi kepuasan kerja.

           Pada akhirnya penulis melakukan penelitian dengan menggunakan analisis statistik regresi linear berganda. Penulis juga terbantu dengan adanya software SPSS versi 15.00 yang memudahkan dalam melakukan analisis statistik berganda tersebut.

              Setelah melakukan uji hipotesis, penulis menemukan bahwa benar kalau faktor motivator dan faktor hygiene berpengaruh pada agen asuransi di perusahaan asuransi jiwa Bumiputera 1912 cabang Setiabudi Medan. Penulis menemukan juga bahwa faktor motivator lebih dominan daripada faktor hygiene. 

0 komentar:

Posting Komentar