Pages

Minggu, 10 Maret 2013

Analisis Jurnal Sistem Informasi Asuransi


Judul   Jurnal   :

INTEGRASI APLIKASI JL-INDO DENGAN APLIKASI GL-LINK UNTUK POSTING OTOMATIS SLIP PADA PT. ASURANSI JIWASRAYA (PERSERO)

Penulis             : Randy Septian D. Putra

Sumber Jurnal : http://www.gunadarma.ac.id/library/articles/graduate/industrial-technology/2009/Artikel_50405592.pdf


        Jurnal kali ini membahas tentang suatu permasalahan yang terjadi pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) dalam hal penggunaan aplikasi komputer. Sebagaimana kita tahu bahwa PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang asuransi pendidikan, proteksi dan investasi. Sebagai perusahaan BUMN yang berskala nasional dengan pemegang polis yang tersebar di seluruh penjuru nusantara, penerapan sistem informasi berbasis komputer sangat diperlukan untuk menunjang proses bisnis yang dijalankan pada jaringan PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) tersebut.

Terdapat 2 sistem informasi berbasis komputer yang menunjang proses-proses yang terjadi pada perusahaan tersebut. Salah satu aplikasi yang digunakan untuk mendukung proses pembuatan polis asuransi, penerimaan premi, dan klaim tebus asuransi adalah JL-iNdO. Aplikasi yang lain adalah GL-LiNk. Melalui GL-LiNk inilah posisi keuangan perusahaan bisa didapatkan dan dilaporkan.

Nah, permasalahan terjadi pada pelaporan data-data pembayaran premi, yang disebut dengan SLIP. Pengolahan pembayaran premi dilakukan pada aplikasi JL-iNdO, namun hasil pengolahan tersebut tidak bisa langsung diolah pada aplikasi GL-LiNk yang akan mendapatkan posisi keuangan perusahaan dan melaporkannya. Jadi selama ini proses pelaporan SLIP masih dilakukan secara manual dengan melakukan penginputan data kedalam aplikasi GL-LiNk yang sebelumnya juga telah diinput kedalam aplikasi JL-iNdO. Hal ini tentunya menjadi tidak efektif dan efisien karena harus mengalami penginputan ulang data-data yang sangat banyak.

Menanggapi hal tersebut pihak perusahaan khususnya Divisi Teknologi Informasi PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) merencanakan pengembangan sistem. Dalam proses perencanaan ini ditunjuk beberapa user dari Divisi Keuangan, Akuntansi & Inkaso (Divisi KAI) dan beberapa tenaga ahli dari Divisi Teknologi Informasi (Divisi TI) beserta dengan kepala Divisi TI yang bertindak sebagai penanggung jawab pengembangan sistem tersebut.

Jelas sekali bahwa pengembangan sistem dimaksudkan untuk mencari cara mengintegrasikan 2 aplikasi yang ada pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero). Hasil dari pengembangan sistem tersebut adalah dengan membuat interface posting secara otomatis. Dengan interface posting secara otomatis ini data-data yang diolah pada aplikasi JL-iNdO akan dimasukkan kedalam database yang mana nantinya akan diolah pada aplikasi GL-LiNk.

Data-data pembayaran premi pada aplikasi JL-iNdO sebelumnya akan ditampilkan pada layar monitor sesuai dengan nomor batch (karena memang berbentuk batch file). Apabila pada nomor batch tersebut belum pernah dilakukan aksi posting laporan SLIP ke database GL-LiNk maka tombol kirim laporan ke GL-LiNk akan aktif.

Penulis mengatakan bahwa dengan adanya interface posting otomatis ini maka diharapkan dapat semakin membantu kinerja perusahaan sehingga user juga dapat melakukan pekerjaannya dengan cepat.    


0 komentar:

Posting Komentar